icon1 Pintu Garasi Cepat Mengelupas icon2

 ● 5/26/2016



pintu-garasi-cepat-mengelupas
Pintu garasi cepat mengelupas - Seiring perkembangan desain arsitektur rumah, keberadaan tempat kendaraan mobil umumnya di simpan dibawah kanopi dengan alas carport tetapi ada juga berada di dalam garasi.

Kendaraan yang disimpan di bawah kanopi langsung biasanya untuk menyiasati lahan terbatas, sebaliknya keberadaan garasi bisa dibuat apabila lahan rumah cukup luas.

Ada beberapa ragam material untuk pintu garasi, salah satunya pintu garasi dari kayu. Seperti halnya pertanyaan konsultasi dekorasi rumah berikut ini :

Pertanyaan : Saya memiliki pintu garasi terbuat kayu, tetapi kenapa finishingnya cepat sekali mengelupas ? finishing apa yang tepat digunakan di pintu garasi tersebut ? (Dinda, Bandung)

Jawaban : Pintu garasi dari kayu tentunya membutuhkan finishing khusus. Hal penting perlu digaris bawahi bahwa finishing kayu untuk eksterior seperti pintu garasi tentunya berbeda dengan finishing interior rumah. Panas serta hujan tiap hari menerpa tentu nya akan sangat mempengaruhi keawetan finishing kayu. Tidak hanya khusus pintu garasi tetapi juga gazebo serta furnitur kayu yang berada di area luar rumah (outdoor).

Apabila menggunakan finishing untuk interior rumah, seberapa sering digantipun tentunya finishing pintu garasi tersebut akan cepat mengelupas. Pilihlah finishing khusus eksterior.

Finishing eksterior cocok untuk pintu garasi sebab memiliki ketahanan khusus sehingga lebih tahan terhadap terpaan panas matahari dan guyuran hujan. Pelapis finishing eksterior yang meresap masuk ke pori-pori kayu memiliki sifat anti air juga anti sinar UV sehingga lebih tahan terhadap cuaca panas dan hujan.

Banyak ragam produk finishing outdoor khusus pintu garasi di pasaran, aplikasi nya pun cukup mudah dilakukan :

1. Amplas permukaan kayu.
2. Bersihkan dari sisa amplas juga debu.
3. Sapukan cat finishing dengan kuas, tunggu sampai kering.
4. Amplas kembali sebelum menambahkan lapisan kedua.
5. Untuk tahap akhir tambahkan lapisan wax, pilih yang natural atau berwarna.

Apabila ingin mendapatkan hasil akhir pintu garasi lebih halus, sebelumnya ditambahkan dempul (wood filler) untuk mengisi pori-pori kayu.

Untuk finishing ulang bisa dilakukan setiap satu atau dua tahun tergantung kondisi pintu garasi tersebut.

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×