icon1 Bangun Rumah Tinggal Borongan atau Harian ? icon2

 ● 3/07/2015



Bangun Rumah Tinggal Borongan atau Harian?
Dekorasi RumahBangun Rumah Tinggal Borongan atau Harian ? - Membangun atau renovasi rumah memerlukan perencanaan matang seperti rencana arsitektur, struktur serta persiapan dana yang tidak sedikit.

Pertanyaan konsultasi : Saya memiliki tanah ukuran 100 m2 beserta rumah yang saya tinggali sekarang. Saya berencana ingin membangun rumah serta merenovasi rumah tersebut, apakah lebih baik pilih sistem borongan atau harian ?

Jawaban : Sebelum membangun rumah atau melakukan renovasi rumah, ada baik nya dipersiapkan desainnya terlebih dahulu. Untuk pembangunan rumah baru perlu dipersiapkan desain berupa rencana rumah meliputi arsitektur, struktur serta finishing terlebih dahulu.

Desain arsitektur, desain interior rumah, perhitungan konstruksi, perhitungan RAB bisa dilakukan sendiri kalau anda memiliki keahlian atau meminta jasa desain rumah profesional arizman.com untuk dibuatkan desain rumah.

Untuk renovasi rumah, tentukan terlebih dahulu ruangan mana saja yang menjadi prioritas serta seberapa besar ruang yang dibutuhkan.

Baca juga : 8 Tips Renovasi Rumah 

Apabila desain rumah sudah tersedia, tahapan selanjutnya memilih pelaksana pembangunan. Kembali ke pertanyaan konsultasi, lebih baik pilih sistem borongan atau harian berikut penjelasannya :

1. Sistem Borongan
Semua pekerjaan diserahkan kepada pemborong, baik pembelian material maupun jasa, lebih hemat waktu karena anda hanya tinggal memeriksa kualitas pekerjaan, jadwal penyelesaian, pembayaran apakah sesuai dengan prestasi yang telah disepakati dalam perjanjian pemborongan. Selain itu anda juga tidak perlu harus mengawasi para pekerja karena pemborong sudah menempatkan mandor atau kepala tukang di proyek.

2. Sistem Harian Tukang
Pengawasan pekerjaan tukang harus diawasi sendiri karena tukang bekerja berdasarkan pembayaran setiap hari (harian). Selain itu anda juga harus melakukan pembelian material sendiri sesuai kebutuhan serta permintaan di proyek serta mengawasi pemakaian material tersebut. 

Apabila anda termasuk orang sibuk, pilih sistem borongan tetapi apabila anda bisa meluangkan banyak waktu untuk mengawasi, mencermati pekerjaan tukang serta memeriksa kualitas pekerjaan, pengadaan material, maka anda cocok memilih sistem harian tukang. 

Selain sistem borongan dan harian, ada alternatif pilihan lain disebut sistem cost and fee. Sistem ini hampir sama dengan sistem borongan, hanya saja anda bisa mengetahui semua pembelian material serta kualifikasi tukang. Cara pembayaran sistem cost and fee sama seperti sistem borongan, dibayarkan seluruhnya pada akhir proyek, dibayarkan secara berkala sesuai prestasi pekerjaan di lapangan atau dibagi dalam beberapa kali pembayaran seperti telah ditentukan bersama sebelumnya.

Home Sweet Home... 



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×