icon1 Panduan Membuat Gudang di Rumah Mungil icon2

 ● 4/10/2015



panduan-membuat-gudang-di-rumah-mungil
Panduan Membuat Gudang di Rumah Mungil - Bagi rumah luas, membuat ruangan khusus untuk gudang tentu bukan suatu masalah tetapi bagi yang tinggal di rumah mungil tentunya menjadi suatu kendala.

Gudang pada dasarnya adalah tempat penyimpanan, bisa dibuat di mana saja, tidak harus berupa satu ruangan khusus. Bagi rumah mungil janganlah dibuat semakin sesak karena hanya ingin mendapatkan sebuah ruangan bisa difungsikan sebagai gudang.

Cobalah lihat sekeliling rumah tinggal anda, apakah ada sudut-sudut kosong? Jika kita jeli, celah kecilpun, kita sulap menjadi gudang.

Berikut ini tips panduan membuat gudang di rumah mungil :

Lokasi Gudang
Ruangan ini cenderung diabaikan, padahal bawah tangga cukup luas untuk dijadikan gudang penyimpanan barang. Buatlah pintu model jalusi agar sirkulasi udara tetap lancar.

2. Anak Tangga
Untuk jenis tangga tertentu, anak tangga masih bisa digabungkan dengan gudang tempat penyimpanan barang tanpa menghilangkan nilai estetika interior rumah.

3. Bawah Plafon
Di lokasi ini cocok dijadikan gudang tempat penyimpanan misalnya rak buku asalkan jarak antara plafon dengan lantai cukup tinggi. Persyaratan tersebut untuk menghindari kesan semakin rendahnya ruangan karena keberadaan tempat penyimpanan.

4. Celah Dinding
Jika terdapat ceruk di dinding rumah, buatlah sebuah lemari tanam. Agar tidak memakan tempat, dipilih menggunakan pintu geser.

5. Bawah Tempat Tidur
Bawah tempat tidur juga cocok dimanfaatkan sebagai gudang ruang penyimpanan dengan sedikit ide dekorasi rumah seperti penambahan rak atau laci.

Kalau kita lebih jeli lagi masih banyak tempat atau celah, bisa kita jadikan gudang.

Gudang Bebas Bau
Dalam membuat gudang di rumah mungil perlu diperhatikan sirkulasi udara serta kebersihan gudang agar bebas bau. Berikut ini tips agar gudang bebas dari bau :
  1. Perbanyak bukaan di gudang agar udara juga cahaya matahari bisa masuk dengan leluasa. Bukaan tidak harus berupa jendela tetapi juga jalusi.
  2. Gunakan bahan lantai kedap air seperti vinyl atau acian khusus jika dilokasi gudang banyak mengandung air tanah.
  3. Lapisi dinding dengan cat waterproof, apabila gudang berhubungan langsung dengan luar rumah yang dindingnya sering terkena hujan.
  4. Gunakan rak-rak agar barang di gudang lebih teratur, rapi serta selalu jaga kebersihan.
Itulah panduan membuat gudang di rumah mungil, tidak sulit bukan? Anda pun pastinya tidak akan kebingungan lagi dimana akan meletakkan barang-barang yang jarang digunakan tetapi masih sayang untuk dibuang.

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×