icon1 Tips Cara Mengecat Ulang Dinding icon2

 ● 6/28/2015



Tips Cara Mengecat Ulang Dinding
Tips cara mengecat ulang dinding - Dekorasi rumah kali ini, mengangkat tema tentang cat rumah berkaitan dengan pertanyaan konsultasi. Untuk mendapatkan hasil pengecatan optimal, cat perlu disapukan 2 sampai 3 kali ke permukaan dinding.


Pertanyaan : Saya ingin mengecat ulang sendiri dinding rumah, apakah mengecat ulang dinding bisa dilakukan langsung pada dinding lama atau bagaimana ? mohon penjelasannya. Terima kasih (Acep, Bandung)

Jawaban : Pengecatan ulang dinding berbeda dengan melakukan pengecatan pada dinding baru karena tahapan cara mengecat ulang dinding berbeda-beda sesuai kondisi dinding yang akan dicat.

Dinding Kondisi Baik
Proses pengecatan dinding dalam kondisi baik (tidak lembab, terkelupas, bergelembung, berjamur, terkelupas), cukup dinding dibersihkan dari debu juga kotoran. Lebih baik apabila dinding terlebih dahulu diamplas, dilap menggunakan kain basah agar debu juga kotorannya hilang. Setelah dinding kering kemudian bisa dilakukan pengecatan ulang dinding menggunakan cat baru.  

Dinding Cat Terkelupas
Kondisi cat terkelupas disebabkan pengerjaan dinding kurang baik, faktor kelembaban, pemakaian plamur yang salah. Untuk mengecat ulang dinding dalam kondisi cat terkelupas, tahap pertama mengembalikan kondisi dinding ke tahap awal dengan cara mengerok cat lama menggunakan kape. Apabila diperlukan gunakan paint remover agar cat terkelupas sendiri. Setelah menggunakan paint remover, dinding harus benar-benar dicuci bersih agar sisa-sisa kimiawi hilang. Setelah itu baru dilakukan pengecatan ulang.

Dinding Mengapur
Kondisi dimana pada permukaan dinding timbul serbuk putih (chalking). Hal ini disebabkan karena penggunaan cat rumah berkualitas rendah, mengandung bahan pengisi (filler) lebih banyak dibandingkan pigmen warna. Dinding lama cukup dibersihkan memakai kain basah supaya kapurnya hilang, setelah itu baru dilakukan pengecatan ulang seperti biasa.


Dinding Lembab
Kondisi dimana biasanya cat akan menggelembung atau berbercak. Tahap awal cari, perbaiki sumber lembabnya terlebih dahulu, bisa karena pipa bocor ataupun bak retak. Setelah itu permukaan dinding diamplas terlebih dahulu lalu setelah dinding bersih, lapisi dinding menggunakan wall sealer tahan air (waterproofing) supaya air tidak merembes sehingga cat rumah bisa melekat sempurna. Pastikan kondisi sealer sudah benar-benar kering sebelum dilakukan pengecatan ulang.

Dinding Berjamur
Dinding berjamur disebabkan karena kelembaban. Tahapan pengecatan ulangnya hampir sama dengan dinding lembab tetapi sebelumnya basmi terlebih dahulu jamur yang menempel menggunakan fungisida lalu diamkan selama satu hari. Setelah didiamkan, dinding disikat kemudian dicuci sampai bersih dari sisa kimiawi, setelah itu baru dilakukan pengecatan ulang seperti pada tahapan kondisi dinding lembab.

Itulah beberapa tips cara mengecat ulang dinding rumah, sedikit tambahan, pilihlah cat rumah kualitas baik sesuai peruntukannya, apakah cat rumah untuk interior rumah atau eksterior. Semoga bermanfaat

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×