Tinjauan Konstruksi Rumah Tinggal Bertingkat

» 4/17/2016

tinjauan-konstruksi-rumah-tinggal-bertingkat
Dekorasi RumahTinjauan Konstruksi Rumah Tinggal Bertingkat - Rumah bertingkat merupakan rumah yang memiliki lapisan lantai lebih dari satu, umumnya bertingkat dua.

Rumah 3 - 4 lapis lantai digolongkan sebagai bangunan bertingkat rendah ( low rise building ).

Pada rumah tidak bertingkat, kekuatan struktur bangunannya terletak pada kombinasi balok sloof, kolom praktis, ringbalk serta pemasangan angkur pada sambungan antara kolom dan balok, kolom dan dinding serta ringbalk dan kuda - kuda seperti dalam uraian rumah tahan gempa.

Berbeda dengan rumah tidak bertingkat, tinjauan konstruksi rumah bertingkat khususnya rumah 3 - 4 lantai sebagai berikut :

1. Perhitungan Mekanika
Melakukan analisa pembebanan juga mekanika gaya untuk menentukan besarnya beban yang bekerja sebagai dasar mencari besarnya momen, gaya lintang, gaya geser akibat beban tetap.

2. Perencanaan Konstruksi
Melakukan penyelidikan tanah untuk menentukan jenis, ukuran, dan kedalaman pondasi yang tepat. Menentukan dimensi struktur beton dan tulangannya berdasarkan tegangan ijin bahan dan hasil hitungan mekanika serta merencanakan kolom lebih kuat daripada baloknya serta membuat balok lebih kuat dari pelat lantainya.

3. Memperhitungkan Gaya Gempa
Melakukan kontrol hitungan dimensi struktur yang sudah didapat, memberikan angka keamanan gempa berdasarkan zona daerah gempa serta memberikan perkuatan batang - batang diagonal yang di pasang pada struktur bangunannya.

Menghindari bentuk rumah rumit, tidak beraturan menjadi pilihan baik karena bentuk rumah tersebut selain boros juga kurang handal terhadap gaya gempa.

Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top