icon1 8 Tips Renovasi Rumah icon2

 ● 5/20/2016



8-tips-renovasi-rumah
8 Tips Renovasi Rumah - Beragam alasan penghuni rumah memutuskan untuk renovasi rumah. Apakah itu memperbaiki bagian rumah yang rusak, menambah ruang atau ingin merubah desain gaya rumah.

Tentunya untuk melakukan renovasi rumah diperlukan pengetahuan memadai dari pemilik rumah. Salah satunya dalam menyesuaikan rencana renovasi rumah yang diinginkan dengan dana yang akan dialokasikan untuk renovasi rumah tersebut.

Berikut ini 8 tips renovasi rumah, hal apa saja perlu dipersiapkan agar berjalan lancar :
1. Perencanaan matang
Rencanakan dengan matang tujuan dilakukannya renovasi rumah. Pertimbangkan bahwa renovasi rumah bukan hanya untuk kebutuhan saat ini tetapi juga bisa mengakomodasi kebutuhan di masa akan datang.
2. Prioritas kebutuhan
Tentukan prioritas ruang apa saja yang akan direnovasi. Buatlah daftar kebutuhan, diurutkan berdasarkan prioritas dan disesuaikan dengan dana tersedia.
3. Buat RAB
RAB Rumah menjadi acuan pedoman penting dalam renovasi rumah karena merupakan rincian biaya, didasarkan pada kebutuhan setiap material disetiap item pekerjaan renovasi rumah.
4. Disesuaikan dengan biaya
Renovasi rumah tentunya membutuhkan biaya tidak sedikit. Batasi keinginan dengan tetap mengacu pada rencana awal. Kalaupun ada perubahan sesuaikan perubahan tersebut dengan RAB yang sudah dibuat.
5. Pengawasan belanja material
Diusahakan untuk ikut terlibat dalam pengawasan pembelian material untuk renovasi rumah, sekalipun menggunakan jasa kontraktor. Hal ini dilakukan selain untuk mengontrol material juga sekaligus mengontrol pengeluaran.
6. Perhatikan struktur bangunan lama
Usahakan untuk seminimal mungkin merubah struktur bangunan lama dalam melakukan renovasi rumah, selain akan menghemat biaya juga meminimalisir perubahan kekuatan struktur bangunan.
7. Dana untuk kebutuhan interior dan asesorisnya
Setelah dilakukan renovasi rumah, tentunya diperlukan barang-barang baru untuk mengisi kebutuhan interior rumah seperti furniture dan asesoris lainnya. Persiapkan dana terpisah untuk kebutuhan dekorasi rumah tersebut.
8. Pertimbangkan untuk pindah sementara
Apabila proses renovasi rumah membutuhkan waktu lumayan lama dan mengganggu aktifitas penghuni rumah, tidak ada salahnya dipertimbangkan untuk pindah sementara seperti kontrak atau kos rumah.

Semoga 8 tips renovasi rumah seperti sudah diuraikan tersebut, bisa menjadi pedoman untuk anda yang memiliki rencana melakukan renovasi rumah.

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×