icon1 Jadi Desainer Interior di Rumah Sendiri icon2

 ● 7/28/2016



Dekorasi Rumah - Setelah tulisan arizman.com sebelumnya berbagi tips cara renovasi interior rumah, dekorasi rumah kali ini masih tentang interior rumah yaitu jadi desainer interior di rumah sendiri.

Salah satu kesenangan memiliki rumah baru adalah ketika memulai dekorasi rumah, menata lalu mengisi ruangan satu demi satu seperti menjadi desainer interior di rumah sendiri. Berbagai referensi interior seperti internet, majalah interior pilihan pun dibaca lalu diperhatikan langkah-langkahnya untuk mendapatkan hasil serupa. Hasil menata sendiri interior rumah pun menimbulkan rasa puas mendalam serta menimbulkan rasa lebih betah saat berada di rumah. 

Jadi Desainer Interior di Rumah Sendiri

JADI DESAINER INTERIOR DI RUMAH SENDIRI


Hal ini tentunya wajar, terutama bagi orang awam, kurang paham tentang interior rumah. Namun satu hal perlu diwaspadai adalah mengikuti mentah-mentah persis seperti digambarkan walaupun sedang menjadi tren interior rumah di masyarakat, karena belum tentu interior tersebut cocok bila diterapkan di rumah sendiri.

Oleh karena itu, penyusunan konsep penataan interior ruangan harus dibuat sejak awal mula ketika mengisi serta menata rumah, apakah mau bergaya interior minimalis, interior tradisional atau interior lainnya. Justru hal dasar inilah sering kerap dilupakan, padahal dengan berpegang pada konsep tersebut akan memudahkan pemilihan furniture, seperti bentuk, jenis material maupun warnanya, seperti furniture kayu, furniture rotan, furniture logam serta berbagai aksesori interior lain sebagai pelengkap rumah tanpa keluar jalur dari desain interior seperti telah ditetapkan sebelumnya. Dengan begini, Rumah pun akan terlihat lebih serasi juga keindahan hasil penataan interior ruang bisa lebih maksimal. 

Selain itu, proporsi ruangan perlu diperhatikan secara cermat, mengingat perannya juga penting untuk kesuksesan dalam menata interior ruangan serta menentukan nyaman atau tidaknya suatu ruangan. Misalnya, menempatkan jumlah kursi sesuai dengan jumlah anggota keluarga di ruang keluarga, sehingga setiap orang penghuni rumah bisa kebagian tempat duduk dengan nyaman. Furniture ini pun bisa dihadirkan melalui penggunaan bentuk atau model furniture sesuai tema ruangan interior rumah.

Hal penting jadi desainer interior lainnya adalah menyeimbangkan nilai estetika dan fungsional furniture yang digunakan sehingga bisa menimbulkan rasa nyaman bagi semua penghuni rumah. Bukan tidak mungkin bila mengorbankan salah satu nilai, misalnya seperti faktor fungsional interior, pada akhirnya barang tersebut hanya menjadi hiasan belaka, terbengkalai di salah satu sudut ruangan. Begitu pula bila hanya mementingkan faktor fungsional interior saja, tentunya furniture itu menjadi tidak sedap dipandang walaupun memiliki fungsi. 

Ada cara lebih mudah untuk jadi desainer interior di rumah sendiri, yaitu anda tinggal menyesuaikan saja gaya interior ruang dengan model atau gaya rumah telah ditentukan pengembang rumah, misalnya model rumah minimalis. Itupun apabila kebetulan anda membeli rumah ke pengembang rumah. Semoga bermanfaat...

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×