icon1 Cara Mencegah Ubin Keramik Terangkat (Popping) icon2

 ● 7/04/2017



Dekorasi rumah - Ubin keramik menjadi ulasan dekorasi rumah arizman.com kali ini, tepatnya bagaimana cara mencegah ubin keramik terangkat (popping) seperti pertanyaan konsultasi dekorasi rumah berikut ini.

Pertanyaan : ubin keramik di rumah saya tiba-tiba terangkat kemudian pecah mengeluarkan suara keras, kenapa hal itu bisa terjadi? bagaimana cara pencegahannya supaya ubin keramik tidak terangkat lagi?

Jawaban : ubin keramik terangkat/terlepas sendiri biasa disebut popping. Popping umumnya terjadi di lantai atas seperti lantai dua karena pergerakan struktur pada lantai atas lebih besar, sehingga posisi ubin keramik menjadi lebih tidak stabil.

Selain karena cara pemasangan ubin keramik yang tidak cermat, juga bisa disebabkan terjadinya penyusutan pada perekat keramik, beton & floor screed (pelapis permukaan lantai), daya rekat ubin kurang, atau karena muai susut keramik dimana saat ubin memuai, tidak ada tempat untuk menampung volume muainya sehingga ubin akan terangkat.

Cara Mencegah Ubin Keramik Terangkat (Popping)

CARA MENCEGAH UBIN KERAMIK TERANGKAT (POPPING)


Menentukan kualitas penutup lantai bukan hanya dipengaruhi oleh pemilihan tipe ubin keramik, tetapi juga pada proses pemasangannya.
Cara pemasangan lantai keramik, 4 tips memilih lantai keramik

Cara mencegah ubin keramik terangkat (popping) perlu memperhatikan beberapa hal :
  1. Gunakan perekat ubin keramik berkualitas baik, mempunyai chemical anti sagging dengan daya rekat tinggi sehingga tidak menyebabkan udara terjebak di bagian dalam ubin keramik (kopong).
  2. Ubin keramik tertentu mempunyai tingkat porositas tinggi sehingga harus dalam keadaan lembab sebelum dipasang. Tetapi jika menggunakan jenis tile adhesive, tidak perlu lagi merendam ubin di dalam air karena water retention tile adhesive cukup tinggi mencapai 85%.
  3. Supaya ubin keramik mempunyai daya rekat kuat, Bersihkan bagian belakang ubin serta permukaan lantai dari kotoran, debu, minyak, partikel-partikel lainnya.
  4. Perhatikan ketepatan perbandingan campuran air, gunakan tile grout sebagai pengisi nat antar ubin keramik.
  5. Sisakan sedikit ruang, buatlah dilatasi, memberi celah hingga plat lantai beton pada pertemuan antara dinding & lantai, kemudian diisi menggunakan material elastis seperti karet, silicon sealant agar fleksibel mengikuti pergerakan ubin.

Itulah penjelasan bagaimana cara mencegah ubin keramik terangkat (popping). Semoga bermanfaat.

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×