icon1 Cara Memasang Cermin Tanpa Bingkai icon2

 ● 1/15/2018

Cara Memasang Cermin Tanpa Bingkai

arizman.com - Dekorasi rumah kali ini akan membahas tentang cermin kaca, yaitu cara memasang cermin tanpa bingkai. Cermin sebagai aksesori interior rumah selain berfungsi untuk bercermin juga bisa berfungsi memunculkan kesan ruangan terlihat lebih luas jika penempatannya tepat di dalam penataan interior.


Bentuk cermin umumnya berbentuk persegi, kotak, bundar tetapi ada juga bentuk- bentuk lain yang tidak umum dengan bingkai beragam bentuk.


Cermin dengan bingkai itu sudah biasa dan cara memasangnya pun mudah, cukup mengaitkan tali bingkai atau lubang di belakang cermin ke paku yang sudah di pasang di dinding tetapi bagaimana cara memasang cermin tanpa bingkai?

Cara memasang cermin tanpa bingkai tidak semudah memasang cermin dengan bingkai, walaupun pada umumnya aplikasi cermin tanpa bingkai juga di pasang di dinding tetapi tidak berarti cermin akan di pasang langsung di dinding. Bidang dinding yang akan ditempel cermin terlebih dahulu dilapisi plywood setebal 8 mm.

2 Cara Memasang Cermin Tanpa Bingkai

Ada 2 cara bagaimana memasang cermin tanpa bingkai, yaitu menggunakan sekrup dan lem :

1. Sekrup
Pertama, lubangi ujung-ujung cermin untuk tempat sekrup, kemudian cermin disekrupkan ke plywood. Agar tampilan sekrup tidak terlihat mengganggu, bisa dipasang penutup di kepala sekrup.

Lapisi sealent di sekeliling tepi cermin. Pilihlah sealent cermin tidak bersifat asam (netral). Hal ini untuk menghindari timbulnya bercak-bercak kehitaman akibat bereaksi dengan lapisan perak pada cermin jika menggunakan sealent bersifat asam.

2. Lem
Bubuhkan lem khusus cermin di beberapa titik di permukaan plywood. Lem khusus cermin ini bisa dibeli di toko bangunan atau supermarket bahan bangunan. Hindari membubuhkan lem secara merata di permukaan plywood, karena akan menyulitkan anda jika ingin membongkar cermin di kemudian hari.

Tempelkan double tape diantara titik-titik lem untuk mengantisipasi agar ketika lem belum kering, ada double tape membantu menahan menempelkan cermin.

Apabila cermin sudah terpasang, lapisi sealent bersifat netral (tidak bersifat asam) di sekeliling tepi cermin seperti halnya cara No 1.

Kenapa cara memasang cermin tanpa bingkai perlu dilapisi plywood? plywood berguna sebagai penahan cermin agar tidak langsung berhubungan dengan dinding bata yang terkadang memiliki tekstur tidak rata dan juga rawan rembes. Sedangkan pada dinding gipsum, plywood akan memperkuat pemasangan cermin karena lapisan terluar gipsum kurang kuat menahan beban terlalu berat.

Selamat berkreasi memasang cermin tanpa bingkai, semoga bermanfaat.

Home Sweet Home...




author

Seorang Professional Blogger & Desainer (Arsitektur, Interior, Website, Grafis) hobi Internet Marketing & SEO, cari tahu tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
ebook-dekorasi-rumah

Dekorasi Rumah

Desain Rumah

Top
Rekomendasi Untuk Anda
×