Cara Merawat Lantai Kayu Parket

» 2/11/2018

Cara Merawat Lantai Kayu Parket

arizman.com - Dekorasi rumah kali ini membahas cara merawat lantai kayu parket, pertanyaan konsultasi rumah dari Ibu Devi di Bali.

Pertanyaan : Saya rencana ingin menggunakan parket di rumah, apakah bisa diaplikasikan di semua ruangan rumah? lalu bagaimana perawatannya?


Jawaban : Istilah parket berasal dari kata parquetry, yaitu seni menata bilah-bilah kayu tipis dengan pola geometris pada sebidang lantai.

Parket sebaiknya tidak diaplikasikan pada ruangan lembab & basah seperti dapur, ruang makan, teras & kamar mandi. Lalu di mana parket sebaiknya digunakan? parket sebaiknya dipasang pada ruangan-ruangan bersifat privasi dengan mobilitas orang juga barang yang sedikit misalnya ruang keluarga, kamar tidur atau ruangan publik tidak terlalu ramai, seperti perpustakaan, mushola, ruang karaoke.

Jenis parket atau lantai kayu bisa dipilih apakah mau menggunakan parket solid, laminated floor atau HDF (High Density Fiber).


Untuk perawatan lantai kayu parket sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari serta setiap 1 atau 2 tahun dilakukan coating ulang khusus parket solid.

  1. Bersihkan parket, sebaiknya gunakan alat penyedot debu (vacuum cleaner)
  2. Dilap menggunakan lap flanel kering sampai bersih
  3. Dipel dengan air hangat, tetapi lap pelnya jangan terlalu basah
Untuk jenis lantai parket kayu solid, diperlukan perawatan tambahan :
  • Tiap 1 bulan sekali aplikasikan bahan khusus pengkilap kayu
  • Tiap 1-2 tahun sekali dilakukan finishing ulang
Finishing ulang menggunakan coating khusus lantai kayu, pilih bahan berpengencer air supaya lebih aman terhadap lingkungan & penghuni rumah terutama anak-anak kecil karena sering bermain di lantai.

Cara finishing ulang lantai kayu parket :
  1. Amplas searah serat kayu sampai bersih menggunakan amplas nomor 180
  2. Sapukan coating khusus lantai kayu dengan kuas, roller atau sprayer
  3. Biarkan mengering sekitar 4 jam
Itulah tips bagaimana cara merawat lantai kayu parket, semoga bermanfaat.


Apabila kamu ingin bertanya seputar rumah bisa ditanyakan melalui menu kontak.

Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top