Instalasi Air Bersih

» 5/08/2016

instalasi-air-bersih
Dekorasi Rumah - Instalasi air didalam rumah  terdiri dari dua bagian, yaitu instalasi air bersih dan instalasi air kotor (limbah rumah tangga). Instalasi air bersih adalah saluran air untuk keperluan rumah tangga seperti mandi, cuci dan masak.

Instalasi air bersih bisa dibuat dari pipa besi ataupun pipa PVC. Pipa besi tentunya lebih kuat, tidak mudah pecah atau retak tetapi diperlukan peralatan khusus untuk pemasangannya serta rentan terhadap karat apabila tidak dilapisi anti karat yang baik. Sedangkan pipa PVC mudah dalam pemasangannya karena hanya menggunakan sealtape dan lem tetapi mudah pecah, mudah terlepas serta tidak tahan temperatur tinggi kecuali menggunakan pipa plastik khusus tahan panas seperti Polyethylene of raised temperature resistance (PERT) atau Polypropylene (PP).

Jaringan instalasi air bersih bisa dibuat tipe melingkar atau tipe terputus sesuai dengan kebutuhan air di dalam rumah. Jaringan tipe melingkar membuat tekanan air terbagi rata disetiap titik sedangkan jaringan tipe terputus merupakan kebalikan dari tipe jaringan melingkar.

Kombinasi sambungan pipa besi atau pipa PVC mempunyai bentuk huruf L (siku), I dan T dengan variasi ukuran diameter. Selain keran air tentunya sambungan valve diperlukan apabila menggunakan tangki / bak air yang dipasang di atas menara air.

Menara air dibuat untuk meningkatkan tekanan air sekaligus bisa berfungsi sebagai penyaring air, biasanya digunakan untuk instalasi air bersih pada rumah bertingkat.

Instalasi air bersih bisa diletakkan di bawah lantai, didalam dinding rumah, bahkan diatas plafon sehingga rumah kelihatan rapi dan bersih dari jalur pipa, tetapi perlu diperhatikan letak pipa agar mudah dibuka sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi kerusakan rumah, khususnya ketika terjadi perbaikan pada bagian instalasi pipa.

Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top