Efisiensi Penghematan Material

» 4/28/2016

efisiensi-penghematan-material
Dekorasi RumahEfisiensi Penghematan Material - Salah satu bagian penting dalam proses pembangunan atau renovasi rumah tinggal adalah penggunaan material. Efisiensi penghematan material rumah menjadi hal penting dalam rencana anggaran biaya ditengah semakin mahalnya harga material rumah sekarang ini.

Beragam jenis material rumah yang ada dipasaran, disatu sisi memberikan keleluasaan dalam pilihan tetapi di sisi lain bisa menimbulkankan kebingungan terutama ketika pertimbangan faktor harga 'bertemu' dengan faktor kualitas.

Beberapa hal bisa dilakukan dalam efisiensi penghematan material rumah :

1. Lokasi Toko Material
Mencari toko material rumah yang jaraknya dekat dengan rumah yang akan dibangun atau direnovasi. Hal itu dilakukan untuk mempersingkat waktu pengiriman material rumah serta menekan biaya transportasi.

2. Pembelian Bertahap
Membeli material rumah sesuai dengan tahapan pekerjaan yang sedang dilakukan, jika sedang dalam tahapan pekerjaan awal pondasi jangan dulu membeli material rumah seperti untuk plafon, atap atau keramik. Hal itu untuk menghindari barang - barang tersebut rusak ataupun hilang.

3. Melebihkan Pembelian
Ada kalanya ketika proses pembangunan / renovasi rumah, ditemukan adanya material rusak atau cacat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, bisa dengan melebihkan pembelian 5% - 10% dari material rumah yang dibutuhkan.

4. Sisa Material
Menggunakan kembali sisa material rumah yang ada seperti sisa potongan keramik, bisa dijadikan mosaik lantai, sisa kayu serta bekisting bisa dipakai untuk rangka atap dan lisplank serta sisa - sisa material rumah lain masih bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Selain hal diatas, keahlian tukang dalam aplikasi penggunaan material juga memegang peranan penting untuk terciptanya efisiensi penghematan material rumah.

Semoga tips efisiensi penghematan material ini bisa bermanfaat terutama untuk Anda yang sedang merencanakan pembangunan atau renovasi rumah.

Home Sweet home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top