icon1 5 Cara Menanam Tanaman Hidroponik icon2

 ● 2/03/2019

5 Cara Menanam Tanaman Hidroponik

arizman.com - Menghadirkan kehijauan taman di rumah tidak hanya dapat dilakukan dengan menanam pepohonan atau bunga-bungaan di atas tanah saja tetapi juga bisa menggunakan media air (hidroponik). Dekorasi rumah kali ini membahas tentang bagaimana 5 cara menanam tanaman hidroponik.

Tanaman hidroponik dapat tumbuh 30% lebih cepat dibanding jika ditanam di tanah. Hal ini dikarenakan kebutuhan unsur hara seperti Natrium (N), Fosfor (F), Kalium (K) bisa diberikan secara le

bih optimal serta terkontrol lewat media air, tanpa harus akar tumbuh terus ke dalam tanah.

Sistem pengairan menjadi sangat penting karena menggunakan air sebagai media tanam dimana ketersediaan air harus terjaga.

Berikut ini 5 cara menanam tanaman hidroponik berdasarkan model sistem pengairan :

1. Pasang Surut
Penyiraman model ini dilakukan secara berkala menggunakan timer yang dihubungkan dengan pompa. Pompa ini nantinya akan mengalirkan air bernutrisi dari bak penampungan ke pot-pot tanaman, tanaman tergenang air pada waktu tertentu tetapi ada saatnya kering.

2. Nutrient Film Technique (NFT)
Tanaman diletakan di dalam pot-pot kecil berlubang-lubang serta diisi media sekam bakar. Pot tersebut kemudian ditaruh di sebuah bak berisi air.


3. Perbedaan Tekanan
Model perbedaan tekanan menggunakan tabung. Tabung ini berguna mengatur air agar tetap pada ketinggian sama. Sistem ini cocok untuk jenis sayuran yang tahan rendaman air contohnya kangkung.

4. Drip
Metode Drip memungkinkan air menetes terus menerus membasahi media tanam kemudian langsung diserap akar tanaman. Cara ini bisa dipilih untuk tanaman tidak tahan tergenang air, misalnya tomat dan cabai.

5. Deep Flow Technique (DFT)
Model DFT menempatkan akar tanaman terendam dalam bak air setinggi 30-40 cm tetapi karena akar tanaman terendam seluruhnya, tidak semua tanaman dapat menggunakan metode ini.

Hidroponik menjadi solusi permasalahan keterbatasan lahan pada rumah mungil, rumah susun ataupun apartemen. Penerapan 5 cara menanam tanaman hidroponik pun cukup mudah dilakukan di rumah, penanaman bisa dilakukan menggunakan 2 pot sampai lusinan pot berdiameter 30 cm disusun secara bertingkat.

Home Sweet Home...




author

Cari tahu tentang arizman.com untuk info lebih lengkap.
ebook-dekorasi-rumah

Dekorasi Rumah


Desain Rumah

Top
Rekomendasi Untuk Anda
×