Cara Mengecat Dinding Baru

» 3/11/2022

Cara Mengecat Dinding Baru
Cara Mengecat Dinding Baru - Mengecat dinding rumah bukan cuma soal seberapa banyak air yang harus harus ditambahkan ke dalam cat, berapa lapis sebaiknya cat dikuaskan atau bagaimana teknik menyapukan kuas atau roller tetapi pekerjaan mengecat juga menyangkut kondisi dari tembok itu sendiri seperti pembahasan tanya rumah kali ini tentang bagaimana cara mengecat tembok rumah?

Pertanyaan : Dinding rumah saya belum di cat, apakah boleh dilakukan pengecatan tanpa cat dasar dan berapa lapis sebaiknya pengecatan dilakukan? (Riska - Lombok)  

Jawaban : Kondisi tembok sebelum dicat, sangat mempengaruhi proses pengecatan dan hasil akhir pengecatan tembok nantinya.

Ada 2 hal penting yang harus diketahui sebelum melakukan pekerjaan pengecatan dinding baru :

  1. Kadar air, periksalah kadar kelembaban tembok dengan menggunakan alat pengukur kadar air yang disebut protimeter. Kondisi tembok dikatakan baik bila kadar airnya dibawah 18%.
  2. Derajat keasaman alkali (PH). Untuk mengetahui hal ini, periksalah tembok dengan menggunakan kertas lakmus. Kondisi tembok yang paling baik adalah bila PH-nya menunjukan angka 8. Bila lebih dari 8, artinya reaksi semen belum sempurna dan tembok belum layak dicat. Sekalipun kadar air sudah cukup tetapi kalau alkalinya masih tinggi berarti masih ada semen yang belum bereaksi karena kekurangan air.

Lalu bagaimana jika tidak ada alat protimeter dan kertas lakmus? cara mudahnya tunggu tembok atau dinding berumur 28 hari sejak diberi acian.

Mungkin ada yang bertanya kenapa harus 28 hari? karena dalam rentang 28 hari dinding dinilai sudah kering luar dalam. Jadi jangan cuma mengandalkan perabaan atau penglihatan karena bisa saja dinding terasa kering ketika kita raba, padahal sebetulnya bagian dalamnya belum benar-benar kering. Bila kita paksakan untuk mengecat pada kondisi ini, akibatnya akan terasa di kemudian hari muncul masalah pada dinding.

Cara Mengecat Dinding Baru :

  • Untuk memperoleh hasil pengecatan yang sempurna, tembok harus benar-benar bebas dari debu dan kotoran.
  • Bersihkan tembok dengan menggunakan amplas kasar atau sikat sambil dibasahi air bersih.
  • Dianjurkan untuk melapisi tembok terlebih dahulu dengan cat dasar, baru dilakukan pengecatan akhir. 
  • Encerkan cat sesuai petunjuk dan aduk hingga betul-betul merata.
  • Lakukan pengecatan tipis-tipis selapis demi selapis mulai dari atas ke bawah sampai seluruh permukaan tembok tertutup dengan merata. selang waktu antara setiap lapisan adalah 8 jam atau semalaman.
  • Untuk tembok luar, dianjurkan menggunakan cat tembok khusus eksterior yang lebih tahan terhadap sinar matahari dan cuaca.
  • Sangat dianjurkan untuk melakukan pengecatan pada waktu cuaca terang dan kering, dengan ventilasi ruangan yang memadai dan usahakan tidak melakukan pengecatan dibawah sengatan sinar matahari langsung.

Proses pengecatan yang benar akan memberikan dua keuntungan. Pertama pekerjaan mengecat menjadi lebih mudah dan cepat. Kedua hasil akhir akan lebih baik dan tahan lama.


cara-mengecat-dinding-baru

Home Sweet Home


TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top