Cara Memperbaiki Kebocoran Atap Dak Beton

» 3/10/2023

Cara Memperbaiki Kebocoran Atap Dak Beton

arizman.com - Waterproofing adalah material bahan pelapis kedap air, waterproofing sendiri di dalam konteks konstruksi bangunan merupakan bagian salah satu tahapan pengerjaan proyek yaitu dengan memberi lapisan pelindung tambahan pada komponen rumah atau bangunan yang rawan terkena gangguan air seperti pada bagian atap, dinding dan lantai.

Tanya rumah dekorasi rumah arizman.com kali ini membahas tentang waterproofing.

Pertanyaan : Atap rumah saya menggunakan dak beton, tetapi di musim hujan seperti sekarang ini atap dak beton nya bocor / rembes. Bagaimana solusi cara mengatasi atap dak beton yang bocor ? (Asih - Semarang)

Jawaban : Untuk memperbaiki atau mengatasi atap dak beton bocor atau rembes bisa menggunakan produk waterproofing.

Produk waterproofing ada 3 macam :

1. Waterproofing bentuk cair

Waterproofing yang hanya terdiri satu komponen yaitu cairan / liquid saja, pemakaiannya lebih praktis tinggal sapukan saja menggunakan kuas atau rol ke media yang akan dilapisi waterproofing.

2. Waterproofing bentuk semen

Waterproofing yang terdiri dua komponen yaitu cairan dan bubuk / powdwer yang penggunaannya perlu dicampur sesuai dengan komposisi tertentu.

3. Waterproofing bentuk lembaran seperti bitumen/aspal 

Bahan pelapis anti bocor jenis ini terbuat dari bahan dasar bitumen atau aspal yang dipadukan dengan lapisan polyethylene tahan air tampilan fisiknya menyerupai karpet dengan ketebalan tertentu.

Jika atap dak beton luas area kebocoran atau rembesannya kecil, bisa menggunakan waterproofing bentuk cair atau semen tetapi jika area kebocorannya luas bisa menggunakan waterproofing bentuk lembaran karena bisa menutupi area yang luas dalam waktu yang relatif singkat.

Hal yang harus diperhatikan :

  1. Aplikasi waterproofing atau pelapis anti bocor harus dilakukan pada area yang benar-benar bersih, kering serta tidak ada debu atau minyak yang menempel, karena jika adanya genangan air atau kotoran yang menempel akan mengurangi daya rekat waterproofing.
  2. Pada saat pengerjaan waterproofing (bentuk cair / semen) , aplikasikan dua kali secara bersilangan, jika lapisan pertama dari arah kiri ke kanan (horizontal) maka lapisan berikutnya dari arah atas ke bawah (vertikal) serta harus ditunggu sampai benar-benar kering sebelum dapat diberi lapisan kedua atau ketiga diatasnya.
  3. Jika pengerjaan waterproofing sudah selesai, lapisan paling atas perlu dibiarkan dalam kondisi kering selama 24 jam atau dihindarkan kontak dengan air.

cara-memperbaiki-atap-dak-beton-bocor

Produk waterproofing tidak hanya berfungsi melindungi bangunan dari kebocoran atau rembesan tetapi juga membantu memantulkan panas matahari sehingga berperan menurunkan suhu di dalam rumah atau bangunan.

Home Sweet Home



TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top