icon1 Cara Penataan Cahaya di 5 Ruangan Utama Rumah icon2

 ● 12/16/2017

Cara Penataan Cahaya di 5 Ruangan Utama Rumah

  1. Menata Cahaya Di 5 Ruang Utama
  2. Tip Memilih Lampu
  3. Mengenal Istilah Lampu

Dekorasi rumah kali ini membahas tentang bagaimana cara penataan cahaya di 5 ruangan utama rumah, yaitu ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, ruang dapur.

Menata Cahaya Di Ruang Utama
Setiap ruangan-ruangan utama yang ada di dalam rumah tentunya membutuhkan pencahayaan yang baik di malam hari, tetapi tidak semua ruang membutuhkan pencahayaan sama. Kebutuhan pencahayaan di setiap ruang menjadi berbeda karena masing-masing ruang punya fungsi sendiri. Penataan ruangan asal terang saja belum tentu nyaman dipergunakan , diperlukan perencanaan penataan yang baik agar cahaya di dalam rumah bisa maksimal.


Berikut ini beberapa hal perlu anda perhatikan saat merencanakan desain penataan cahaya di ruangan utama rumah :

1. Ruang Tamu
Ruang tamu sebagai cerminan dari pemilik rumah, memerlukan pencahayaan tepat untuk mendukung aktivitas saat ada tamu berkunjung ke rumah. Disarankan untuk menggunakan lampu jenis general lighting dengan pancaran cahaya terang dan rata sempurna. Tetapi apabila tidak digunakan, ada baiknya menggunakan penerangan setempat, seperti lampu dinding, lampu duduk atau standing lamp.

Banyak aktivitas dilakukan di ruang keluarga sehingga menuntut ruang keluarga harus tetap terang . Lampu general lighting yang digantung di plafon atau ditanam didalam langit-langit ruang cocok untuk digunakan di ruang keluarga.

3. Ruang Makan
Pemilihan pencahayaan setempat seperti lampu gantung diatas meja makan sangat dianjurkan, selain berfungsi untuk menerangi aktivitas makan juga memaksimalkan fungsi estetika.

4. Kamar Tidur
Kamar tidur sebagai ruang paling pribadi tentunya harus mendukung kenyamanan anda beristirahat dan bersantai setelah seharian beraktivitas. Pilihlah lampu tidak terlalu terang dan menyilaukan serta cahayanya bisa diatur menjadi redup, terang dan sangat terang. Bisa ditambahkan pula interior rumah berupa lampu meja atau lampu back panel.

Penerangan di area ini, harus betul-betul diperhatikan karena untuk mendukung aktivitas dengan ketelitian tinggi seperti memotong-motong sayuran, daging serta aktivitas memasak. Dianjurkan untuk menggunakan lampu general lighting yang bisa menerangi ruangan sehingga aktivitas di dapur bisa berjalan normal.

Tip Memilih Lampu
Banyak jenis serta model lampu di pasaran saat ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih lampu, antara lain :
  • Menentukan titik-titik penempatan lampu sebelum rumah dibangun atau di renovasi terutama penempatan lampu tanam di plafon atau dinding.
  • Sesuaikan model lampu dengan model gaya rumah, apakah minimalis, modern, klasik, etnik dll
  • Perhitungkan efek cahaya yang ingin ditimbulkan, contoh efek nuansa cahaya kekuningan atau efek cahaya putih
  • Pilihlah rumah lampu yang tepat karena lampu selain memancarkan cahaya juga memancarkan panas
  • Berbeda dengan lampu interior, lampu eksterior sebaiknya menggunakan bahan logam tahan karat karena akan terpapar sinar matahari serta hujan secara langsung.

Mengenal Istilah Lampu
Setelah mengetahui bagaimana cara menata cahaya di 5 ruangan utama rumah serta tip memilih lampu, berikutnya ada beberapa istilah lampu yang perlu anda ketahui :

1. General Lighting
Sistem pencahayaan dilakukan dengan cara menempatkan titik lampu pada titik tengah ruangan atau di beberapa titik yang dipasang secara simetris dan rata. Hal itu bertujuan agar menghasilkan sumber cahaya secara terang serta menyeluruh, contohnya lampu downlight / lampu TL.

2.Task Lighting
Sistem pencahayaan difokuskan pada suatu area bertujuan membantu aktivitas tertentu serta dapat berfungsi sebagai pembentuk suasana, contohnya, lampu gantung di atas ruang makan yang cahayanya mengarah pada meja makan atau lampu meja untuk membaca di ruang kerja sehingga mata tidak cepat lelah.

3. Decorative Lighting
Sistem pencahayaan memfokuskan pada suatu benda agar dapat lebih terlihat biasanya menggunakan spotlight karena dapat menghasilkan fokus pada objek yang dituju. Contohnya lampu di dinding untuk menyorot objek / benda tertentu misalnya lukisan, wall painting dsb.

Rumah yang ditata asal terang saja, belum tentu nyaman digunakan. Pastinya diperlukan perencanaan seperti cara penataan cahaya di 5 ruangan utama rumah, mengetahui cara memilih lampu serta mengenal beberapa istilah lampu agar penataan cahaya di ruangan-ruangan rumah bisa tampil maksimal serta memberikan kenyamanan pada penghuni rumah.

Home Sweet Home...




author

Seorang Professional Blogger & Desainer (Arsitektur, Interior, Website, Grafis) hobi Internet Marketing & SEO, cari tahu tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
ebook-dekorasi-rumah

Dekorasi Rumah

Desain Rumah

Top
Rekomendasi Untuk Anda
×