icon1 Panduan Merancang Ruang Keluarga Rumah Tinggal icon2

 ● 3/08/2015



Panduan Merancang Ruang Keluarga Rumah Tinggal
Panduan Merancang Ruang Keluarga Rumah Tinggal - Dahulu ruang keluarga sederhana hanya terdiri jejeran kursi, meja, sedikit sentuhan dekorasi rumah, digunakan hanya sebatas untuk tempat duduk mengobrol.

Kini ruang keluarga di rumah memiliki fungsi tambahan sebagai ruang hiburan, tempat berkumpul, bersantai seluruh anggota keluarga inti.

Untuk keluarga memiliki anak balita, ruang keluarga juga digunakan sebagai area bermain anak sehingga membutuhkan area bergerak lebih luas. Tidak jarang ruang keluarga digunakan sebagai ruang belajar atau ruang melakukan kegiatan hobi (ruang musik, melukis, menjahit).

Seiring dikenalnya konsep rumah minimalis juga memunculkan konsep interior rumah minimalis termasuk desain ruang keluarga minimalis, mengakomodir tema rumah secara keseluruhan.

Pola hidup di kota besar,menyebabkan ruang keluarga juga mengalami pergeseran dari fungsi awalnya. Tidak hanya digunakan menerima tamu, kerabat dekat, rekan kerja tetapi juga digunakan untuk pesta kecil seperti arisan, perayaan lebaran atau hari raya serta tahun baru.

Pada sisi lain, kesibukan di kota besar cenderung membuat ruang keluarga tidak berfungsi seperti desain awal. Terkadang ruang keluarga hanya digunakan sebagai tempat persinggahan sementara. Penghuni rumah mempunyai kesibukan sendiri-sendiri, di kamar pribadi masing-masing telah tersedia fasilitas pemenuhan kebutuhannya.

Ruang keluarga tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tujuan utama keberadaan ruang keluarga sebagai tempat berkumpul tidak digunakan karena tidak ada waktu sehingga hanya dijadikan sebagai "pelengkap' ruangan rumah saja. 
Bagaimana Merancang Ruang Keluarga Nyaman Sekaligus Ideal ?

  • Ruang Keluarga Sederhana Menyatu dengan Ruang Tamu
  • Ruang keluarga sederhana dengan konsep ruang keluarga minimalis ini merupakan pilihan paling memungkinkan untuk rumah tinggal dengan lahan terbatas.
  • Ruang Keluarga Menyatu dengan Dapur (Pantry)
  • Ruang keluarga berada di tengah ruang, berdekatan dengan ruang makan (pantry) dan ruang tamu. Posisi ruang keluarga ini cocok untuk rumah dengan lahan agak luas.
  • Ruang Keluarga di Bagian Belakang Rumah
  • Ruang keluarga terletak di bagian belakang rumah serta mendapat bukaan ke arah teras.
  • Ruang Keluarga di Lantai Atas
  • Posisi ruang keluarga terletak di lantai atas bangunan berlantai dua. Posisinya berada diantara kamar-kamar penghuni rumah. Penempatan ruang keluarga ini memungkinkan penghuni rumah mendapat akses mudah tanpa harus turun tangga.


    DESAIN RUANG KELUARGA MINIMALIS


    Ruang keluarga memiliki kedudukan vital, sebaiknya ruang keluarga ini bisa dicapai, diakses dengan mudah, berada di tengah-tengah rumah.

    Apabila rencana ruang keluarga seperti itu, maka harus terlebih dahulu dirancang zoning. Desain rumah, termasuk posisi pintu, jendela, dinding berhubungan erat dengan zoning supaya akses ruang keluarga bisa dicapai dengan mudah.

    Ruang keluarga sederhana bisa menjadi pilihan apabila memiliki rumah tidak begitu besar, mengambil posisi di tengah-tengah ruangan lain. Para penghuni rumah dengan mudah keluar dari kamar pribadi menuju ruang keluarga, Orang tua juga bisa secara langsung mengawasi kegiatan anak-anak mereka yang masih kecil. Lebih baik lagi jika posisi ruang keluarga berdekatan dengan pantry atau dapur, sehingga aktivitas makan, minum dapat dilakukan dengan mudah di ruang makan

    Penempatan perangkat elektronik seperti TV sebaiknya juga ditempatkan di ruang keluarga bukan di tempat lain sehingga dapat dinikmati bersama-sama seluruh anggota keluarga dalam suasana santai penuh kekeluargaan.

    Pencahayaan, pemilihan furnitur, warna cat juga akan sangat berpengaruh terhadap terciptanya atmosfer ruang keluarga. Desain ruang keluarga, lebih kepada bagaimana menciptakan sebuah ruangan keluarga nyaman dan rileks bagi semua anggota keluarga.

    Home Sweet Home...



    Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


    Desain Rumah Minimalis :


    author

    Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
    Top
    Rekomendasi Untuk Anda
    ×