Bercak Putih Di Tembok Setelah Di Cat

» 8/25/2022

bercak-cat-di-tembok
Bercak Putih Di Tembok Setelah Di Cat - Di tulisan kali ini, arizman.com akan membahas pertanyaan dekorasi rumah dari Bapak Rudi di Tangerang yang masuk melalui inbox kontak konsultasi :

Pertanyaan : Satu bulan lalu saya mengecat tembok kamar tidur rumah, tetapi sekarang muncul bercak putih seperti bedak. Jika diusapkan di tangan muncul bekas seperti bubuk putih. Apabila bersandar bercak tersebut menempel di baju. Bagaimana cara mengatasinya dan apa perlu di cat ulang?

Jawaban : Tembok rumah yang sudah di cat, setelah jangka waktu tertentu terkadang ada yang timbul bubuk putih seperti bercak di permukaan tembok. Ini biasanya diakibatkan oleh hal berikut :

1. Kualitas Cat Kurang Baik
Bahan baku cat rumahyang digunakan berkualitas rendah atau formulasi cat rumah kurang baik. Rasio resin yang terlalu rendah bisa mengakibatkan lapisan cat mengalami pengapuran serta timbul bubuk putih pada lapisan cat rumah.

2. Kadar Garam dan Alkali Terlalu Tinggi
Itu terjadi pada tembok baru rumah,jika langsung dilakukan pengecatan maka lapisan cat tersebut bisa tercampur dengan zat alkali dan garam dari tembok. Zat-zat ini secara perlahan keluar ke permukaan tembok sehingga timbul bercak dan bubuk putih. Biasanya terjadi 1 - 2 bulan setelah pengecatan.


Untuk mengatasi bercak putih ditembok, amplas permukaan tembok, lap sampai bersih dari bubuk putih yang ada lalu lapiskan wall sealer. Pastikan kalau tembok sudah benar-benar siap untuk dilakukan pengecatan ulang, tembok benar-benar kering, bersih dari debu, kotoran juga minyak. Untuk mencegah kembali terjadinya bubuk, gunakan cat rumah khusus tembok interior rumah atau eksterior kualitas baik.

Untuk pengecatan tembok rumah baru, perlu diperhatikan kadar kandungan alkalinya. Kondisi tembok paling baik PH-nya menunjukkan angka 8, jika PH masih lebih dari itu, reaksi semen belum sempurna serta tembok belum layak untuk dicat. Pada tembok baru, dianjurkan untuk dilapisi cat dasar maupun wall sealer terlebih dahulu. Dilakukan 1 atau 2 lapis dengan tenggat waktu pengeringan diantara setiap lapis minimal 8 jam.

Apabila diantara pembaca ada yang kurang jelas dengan uraian diatas bisa simak video tentang tanya rumah solusi bercak putih di tembok dinding yang ada di bagian bawah tetapi jika ada hal lain ingin ditanyakan tentang hunian rumah, bisa menuliskan pesan tanya rumah di tanya rumah.

solusi-bercak-putih-di-tembok-dinding


Bagaimana jika dinding lembab dan berjamur? simak penjelasan lengkapnya di solusi dinding lembab berjamur

Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top