Solusi Dinding Lembab Basah Berjamur

» 2/12/2020

Solusi Dinding Lembab Basah Berjamur

arizman.com - Dinding rumah basah, lembab, berjamur menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan ke tanya rumah arizman.com. Oleh karena itu pembahasan dekorasi rumah kali ini adalah menjawab bagaimana solusi dinding lembab basah berjamur.

Kerusakan dinding rumah bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu kerusakan pada bagian luar atau plesteran dinding dan kerusakan pada bagian dalam dinding (pasangan bata, batako, hebel). Kerusakan dinding bisa terjadi karena faktor alam seperti gempa bumi dan faktor kesalahan teknis seperti dinding lembab, dinding berjamur, dinding retak-retak, plesteran dinding lepas, cat mengelupas, serta bercak putih di tembok setelah di cat.

Beragamnya kerusakan dinding yang disebabkan masalah teknis memerlukan teknik perbaikan dinding yang berbeda pula sesuai dengan penyebabnya. Perbaikan dimulai dengan pemeriksaan lebih teliti untuk memastikan penyebab kerusakan dan penanggulangannya.


Dinding lembab basah berjamur disebabkan oleh air, bisa bersumber dari bagian bawah atau samping dinding rumah kemudian meresap menembus dinding. Tahap pertama adalah mencari dan menghentikan sumber lembab tersebut contohnya seperti diakibatkan pipa bocor atau bak air retak.

Setelah sumber lembab dihentikan, baru dilanjutkan dengan pengecatan ulang dinding.

Alat & bahan
  • Cat anti alkali
  • Cat dinding
  • Kuas
  • Amplas
  • Roll
  • Bak cat

Proses pengecatan
  1. Amplas dinding kotor dan berjamur, lalu bersihkan dari debu sampai benar-benar kering.
  2. Permukaan dinding dilapisi sealer (cat dasar tahan air) atau cat anti alkali secara merata lalu tunggu sampai kering.
  3. Aplikasikan cat dinding 2-3 lapis menggunakan roll dan kuas.

Jika kondisi dinding rumahnya parah, solusi dinding lembab basah berjamur sebelum dilakukan pengecatan ulang, bisa dilakukan pengupasan plesteran dinding yang lembab tersebut dengan lebar 25-50 cm, lalu dilapisi dengan aqua sealer, setelah kering kemudian diplester kembali dengan adukan kedap air (1 semen : 2 pasir).

Jika dirasa masih kurang jelas, simak video tutorial cara memperbaiki dinding lembab basah berjamur :


solusi-dinding-lembab-berjamur


Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama email ke info@arizman.com / properti@arizman.com
bangun-rumah-biaya-ekonomis
Yuk Gabung Komunitas Properti
Klik Ini

Dekorasi Rumah

Top