icon1 Desain Teras Rumah Tinggal icon2

 ● 3/21/2015



Desain Teras Rumah Tinggal
Desain Teras Rumah Tinggal - Dekorasi rumah kali ini membahas tentang teras rumah. Teras rumah merupakan ruang duduk dan tempat berkumpul keluarga serta letaknya di luar rumah. Seiring perkembangan zaman, fungsi teras rumah mengalami perkembangan, tidak hanya tempat bersantai keluarga tetapi juga menjadi tempat menerima tamu. Letaknya pun tidak selalu berada di luar rumah.

Perubahan fungsi teras tersebut mengharuskan teras rumah di desain agar mampu memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga. Dasar pembuatan teras rumah adalah kebutuhan penghuni rumah untuk menghirup udara segar, karena itu teras merupakan bagian desain rumah yang tidak terpisahkan.

Tampilan teras rumah hendaknya mengikuti gaya desain rumah, senada dengan rumah sehingga terkesan menyatu dengan bangunan. Desain teras rumah diselaraskan dengan tata ruang bagian dalam rumah, sebab teras rumah merupakan transisi bagian eksterior dengan interior rumah.

Ruang teras ukurannya bervariasi, tergantung luas fisik bangunan juga kebutuhan keluarga, berkaitan dengan aktivitas di seputar teras rumah tersebut. Teras rumah bisa dibuat sebagai ruangan setengah terbuka sangat luas karena berfungsi juga sebagai ruang keluarga. Tetapi teras juga bisa dibuat hanya berupa ruang kecil datar 1 m x 2 m dengan tambahan aksesori beberapa buah kursi sebagai ruang tamu sebelum pemilik rumah membukakan pintu.

Teras rumah bisa berada dibagian depan, belakang atau samping rumah. Penempatan teras rumah secara tidak langsung membedakan fungsi dari tiap jenis teras tersebut. Teras berada di depan pintu masuk utama rumah lebih berfungsi sebagai ruang penerima tamu sementara sebelum tamu masuk ke dalam rumah. Sedangkan teras rumah dibagian belakang lebih difungsikan sebagai ruang keluarga. Kegiatan sarapan pagi, olahraga, minum teh, sekedar santai sambil membaca koran bisa dilakukan diteras rumah belakang ini.

Keberadaan teras disamping rumah biasanya untuk rumah dengan kavling besar, rumah yang memiliki sisa bidang tanah di bagian samping rumah.  

Material teras rumah baik lantai, plafon maupun dinding hendaknya menggunakan jenis bahan berbeda dengan ruangan lainnya. Untuk material lantai teras, pilihlah bahan yang tidak licin supaya menghindari licin saat terkena percikan air hujan. Kombinasi beberapa jenis batu alam yang ditata menjadi satu tampilan menarik seperti mosaik dengan memainkan kombinasi warna dan tekstur batu alam tersebut.

Alternatif lain menggunakan ubin atau lantai keramik besar dengan terlebih dahulu mengaplikasikan kerikil, pasir diatas lapisan tanah, baru kemudian meletakkan ubin, keramik besar diatas pasir, kerikil tersebut. Ruang di sela-sela lantai keramik bisa diisi dengan rumput atau jenis penutup lainnya.

Alternatif pilihan material lantai lainnya adalah lantai kayu seperti penggunaan decking kayu.

Teras rumah bisa dibuat berada di level tanah lebih rendah, sejajar ataupun lebih tinggi dari bagian dalam rumah. Jenis teras rumah yang umum adalah teras sejajar dengan tanah.

Teras rumah berada dibawah level tanah, biasa disebut terus tenggelam, dibuat dengan menggali lapisan tanah bawah sampai beberapa inci. Tampilan teras tenggelam memberikan tampilan teras rumah unik juga menarik.

Selain teras tenggelam, ada juga teras naik. Teras rumah jenis ini termasuk jarang, dikarenakan terhalangnya pemandangan outdoor termasuk taman.

Desain teras rumah tinggal juga diusahakan selaras dengan taman, karena teras rumah letaknya berada diluar menjadi bagian penataan taman, menunjang penampilan rumah secara keseluruhan.

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×