icon1 Elemen Interior Furniture Kayu icon2

 ● 7/29/2016



Dekorasi Rumah - Elemen interior furniture kayu merupakan salah satu pilihan interior rumah banyak dipilih orang. Selain furniture kayu mampu memberikan kesan alami khususnya untuk rumah bergaya natural, furniture kayu juga termasuk elemen interior yang awet, sehingga orang tidak perlu sering-sering menggantinya.

Hal tersebut dimungkinkan karena furniture material kayu memiliki warna lebih variatif, terang juga gelapnya warna dapat disesuaikan dengan keinginan rencana dekorasi rumah serta kondisi furniture lain disekitarnya sehingga lebih mudah untuk memadupadankan tema warna interior rumah. Selain warna, ketertarikan orang akan furniture kayu lebih disebabkan oleh urat juga tekstur uniknya serta strukturnya kuat.

Elemen Interior Furniture Kayu

ELEMEN INTERIOR FURNITURE KAYU


Kualitas elemen interior furniture kayu, salah satunya ditentukan oleh teknik finishing kayu, karena teknik finishing kayu bisa mempengaruhi usia sebuah mebel furniture kayu.

Berikut ini beberapa teknik finishing kayu, perlu anda ketahui :

1. Melamic
Teknik finishing furniture kayu dengan ciri mengkilap, diatasnya seperti ada lapisan berkabut, tahan gores, terkesan mewah. Melamic ini kurang cocok diterapkan untuk furniture interior kamar tidur tertutup serta ber-AC karena finishing melamic menghasilkan emisi formaldehyde sehingga menimbulkan bau pedas.

2.Polyurethane (PU)
Teknik finishing furniture kayu sekilas mirip melamic, tetapi agak mengkilap, permukaan rata, masih sedikit memperlihatkan kealamian serat kayu, tidak berbau pedas

3.Nitrocellulose (NC)
Pelitur atau Nitrocellulose (NC) adalah finishing kayu transaparan, natural, tidak mengkilap, pori-pori kayu tetap terlihat natural.

4.Duco
Teknik ini merupakan salah satu teknologi cat pada kayu. Dengan teknik duco ini, bisa memperpanjang umur kayu tetapi keindahan tekstur kayu terttutp atau tidak terlihat lagi

Elemen interior furniture kayu terdiri berbagai macam jenis, warna juga kualititas, bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga harga. Furniture kayu paling mahal, kuat, masih digemari banyak orang adalah furniture bahan dasar kayu jati. Furniture berbahan kayu jati cukup ampuh menangkis berbagai jenis perusak kayu seperti rayap, jamur, serangga serta pengaruh kelembaban udara.

Jenis kayu solid masih menjadi bahan dasar kayu terbaik, hanya saja harganya sangat mahal, padahal permintaan furniture kayu untuk kebutuhan interior rumah sangat tinggi. Oleh karena itu muncul berbagai produk pengganti seperti plywood atau particle board atau biasa disebut kayu non solid. Biasanya produk-produk kayu non solid seperti ini akan mudah dibedakan karena pada bagian belakang atau bawah tidak dilakukan finishing.

Saat membeli furniture kayu, poin penting elemen interior furniture kayu perlu anda perhatikan adalah teliti kerapihan finishingnya terutama pada bagian-bagian sambungan.

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×