icon1 Desain Taman Rumah di Lahan Sempit icon2

 ● 8/10/2016



Dekorasi Rumah - Taman bisa meningkatkan estetika rumah serta berfungsi menyegarkan ruangan, menciptakan kesan asri suatu rumah. Bagaimana jika lahan rumah mungil ? desain taman rumah di lahan sempit seperti desain taman mungil, desain taman mini atau desain taman kecil bisa jadi solusinya.
Artikel Taman : Desain Taman
Dekorasi rumah arizman.com kali ini membahas beberapa hal bisa anda aplikasikan saat membuat desain taman rumah di lahan sempit.

Desain Taman Rumah di Lahan Sempit

DESAIN TAMAN RUMAH DI LAHAN SEMPIT


1. Tentukan konsep
Penentuan konsep desain taman berguna untuk menciptakan suasana yang diinginkan, contohnya desain taman minimalis. Sebelum menentukan konsep model taman, bayangkan dekorasi taman, benda serta suasana seperti apa ingin ada dalam taman. Misalnya, pohon palem dikelilingi hamparan rumput juga bunga-bunga disertai gemericik air mengalir ke kolam mungil.

2. Kenali kondisi fisik lahan
Mengenali kondisi fisik lahan, berguna untuk menentukan jenis tanaman cocok ditanam, antara lain :
  • Posisi lahan, apakah di depan, di belakang, di samping, di sudut bahkan di atap sehingga mudah menentukan konsep taman, apakah desain taman depan rumah, desain taman belakang rumah, desain taman atap rumah.
  • Bentuk serta luas halaman untuk taman, apakah berbentuk persegi panjang, persegi, menggantung, asimetris.
  • Tinggi permukaan taman, apa lebih tinggi, sejajar, lebih rendah terhadap permukaan lantai pada ruang transisi maupun jalan.
  • Pemanfaatan ruang transisi, ruang duduk, teras serta carport.
  • Ketersediaan cahaya matahari, apakah cahayanya berlebihan atau kurang cahaya.
3. Maksimalkan fungsi
Maksimalkan fungsi taman rumah, contohnya memanfaatkan lahan tersisa antara pagar serta tepi jalan dengan membuat konsep desain taman terlihat menyatu, sehingga lahan memberikan kesan lebih luas. Seperti, pagar dibuat dengan desain ringan dengan jeruji pagar tembus pandang.

4. Sesuaikan budget
Hitung kebutuhan juga kemampuan budget, seperti lamanya proses pembuatan taman, lalu kebutuhan akan tenaga juga biaya. Perhitungkan juga kemampuan dalam perawatan taman. Apabila anda termasuk orang sibuk, buat desain taman kering praktis, pilih tanaman minim perawatan seperti kaktus.

Desain taman rumah di lahan sempit mampu mengoptimalkan keberadaan sisi dinding, misalnya taman vertikal botol plastik. selain itu, konsep taman juga bisa diaplikasikan di interior rumah seperti ruang tamu.

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×