Cara Ngedak Rumah Mudah Harga Murah

» 8/07/2020

Cara Ngedak Rumah Mudah Harga Murah

arizman.com - Mengedak lantai adalah salah satu tahapan konstruksi yang merepotkan dan membutuhkan serangkaian tahapan yang panjang. Dekorasi rumah arizman.com kali ini membahas pertanyaan tanya rumah tentang bagaimana cara ngedak rumah mudah harga murah.

Pertanyaan : Saya lagi rencana ingin ngedak rumah jadi 2 lantai tetapi budget terbatas, apakah ada solusi untuk itu? terima kasih (Windy - Jakarta)

Jawaban : pekerjaan ngedak lantai atau atap beton seperti disebutkan sebelumnya membutuhkan tahapan panjang di antaranya :
  1. Pemasangan rangka rangka kayu atau besi sebagai bekisting
  2. Pemasangan tripleks sebagai media lantai kerja
  3. Pemasangan rangka besi (wiremesh) sebagai penguat pelat lantai atau atap
  4. Penuangan adukan semen sebagai bahan utama dak beton
  5. Finishing lantai atau atapnya

Merangkai bekisting sampai proses kerjanya membutuhkan waktu yang lumayan lama, apalagi jika lantai kerja atau atap dak beton berukuran besar sehingga membutuhkan material yang cukup banyak yang akhirnya berpengaruh terhadap biaya pembangunan. Lalu adakah solusi agar proses kerjanya lebih cepat dan material yang digunakan lebih sedikit sehingga biaya yang dikeluarkan bisa diminimalisir lebih murah?

Solusinya adalah floor deck, material yang digunakan sebagai alas dalam proses pembuatan dak lantai beton atau atap beton yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang serba instan. Biasanya orang menggunakan triplek sebagai alas dak.


Floor deck terbuat dari pelat baja galvanized yang didesain bertulang dan berbentuk gelombang, ukuran lebar 96 cm dengan panjang tidak terbatas bisa sampai bentangan 20m.

Jika menggunakan floor deck tidak perlu lagi menggunakan bekisting, tidak perlu memakai kayu dan tidak perlu menggunakan tripleks. Bentuknya yang bergelombang membuat penggunaan volume beton bisa lebih hemat karena jika menggunakan bekisting dari kayu, hasil cetakan beton di bagian bawahnya akan rata sesuai dengan bentuk cetakannya. Sedangkan bila menggunakan floor deck, hasil cetakannya akan mengikuti bentuk profil yang bergelombang. Profil gelombang inilah yang akan menghemat kebutuhan pemakaian beton karena profil ini bisa mengurangi luas penampang pelat lantai sehingga bisa lebih hemat 10%-20% dengan ketebalan yang sama 12cm jika dibandingkan dengan mengedak cara konvensional.

Selain itu, floor deck juga bisa menghemat penggunaan baja tulangan. Jika cara dak konvensional membutuhkan wiremesh 2 lapis sedangkan dengan menggunakan floor deck besi cukup 1 lapis, diameter besi nya pun tidak tidak perlu besar. Untuk ukuran ruang 3m x 3m, diameter besi yang dibutuhkan adalah 6mm dan untuk ruang berukuran 4m x 4m cukup menggunakan diameter besi ukuran 7 mm.

Sebelum menggunakan floor deck, harus dibuat terlebih dahulu balok-balok lantai untuk menopang pelat lantai. Floor deck dapat diletakkan di atas balok beton ataupun balok baja. 

Tetapi perlu di ingat pemasangan pada kedua material ini berbeda caranya :
  • Jika pada balok baja, lembaran floor deck dapat diletakkan sepanjang kebutuhan. Contoh panjang ruang 5m, floor deck dapat diletakkan sepanjang 5m tanpa harus dipotong, karena floor deck dipasang dengan cara diletakkan di atas balok, lalu dilas pada balok baja, baru diberi adukan beton.
  • Jika pada balok beton, floor deck tidak dapat dipasang sepanjang bentangan tetapi hanya dapat dipasang dari balok ke balok. Contoh jika panjang ruang 5m dan ada 4 balok yang jarak bentangannya masing-masing 1m, floor deck hanya dapat diletakkan sepanjang 1m karena floor deck tidak dipasang diatas balok beton melainkan ditanam di balok, ujung-ujung floor deck yang bertemu dengan balok akan dicor masuk ke dalam balok

Jika floor deck telah terpasang baru bisa dilakukan pengecoran seperti halnya pengecoran konvensional.

Floor deck sendiri mempunyai 3 ketebalan, yaitu 0,7mm, 1mm dan 1,2mm, masing-masing ukuran mempunyai batasan luas :
  • Tebal 0,7mm dapat dipakai untuk bentangan luas maksimal 2m x 2m 
  • Tebal 1mm untuk luas 2m x 2m hingga 2,3m x 2,3m 
  • Tebal 1,2mm untuk luas lebih dari 2,3m x 2,3m

Semoga pembahasan tentang floor deck bisa bermanfaat dan menjawab pertanyaan bagaimana cara ngedak rumah mudah dengan harga murah, jika masih ada yang kurang jelas bisa ditanyakan kembali.

Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama email ke info@arizman.com / properti@arizman.com
bangun-rumah-biaya-ekonomis
Yuk Gabung Komunitas Properti
Klik Ini

Dekorasi Rumah

Top