Kamar Lantai 2 Tanpa Cor dan Cakar Ayam

» 11/10/2020

Kamar Lantai 2 Tanpa Cor dan Cakar Ayam

arizman.com - Tanya rumah kali ini berasal dari salah seorang teman yang bertanya tentang renovasi rumah, walaupun sebetulnya di beberapa postingan dekorasi rumah arizman.com sebelumnya sudah sering mengulas tentang renovasi rumah.

Pertanyaan : Bagaimana cara membuat kamar lantai dua tanpa cor dan pondasi cakar ayam ? (Nia - Sukabumi)

Jawaban : Saat akan merenovasi rumah, biaya memang merupakan faktor penentu yang cukup penting terkadang kita harus mengalah untuk tidak mendapatkan desain rumah sama persis seperti yang kita inginkan kerena terbentur masalah biaya.

8 tips renovasi rumah

Sama halnya ketika ingin menambah kamar tidur di lantai dua tetapi tanpa cor dan cakar ayam, apakah bisa ? tentu bisa.

Ada 2 alternatif yang bisa dilakukan :

1. Meninggikan plafon

Plafon dibuat menjadi lebih tinggi sekitar 6-8 m sekaligus untuk mengatasi masalah sirkulasi udara. Pembuatan plafon tinggi ini jauh lebih murah dibanding biaya meningkat rumah karena tidak diperlukan pembuatan kolom-kolom struktur untuk menopang ruangan di lantai dua.

Selain itu dengan plafon yang tinggi , jika suatu saat ingin melakukan renovasi berikutnya tidak perlu lagi membongkar rumah tetapi cukup membuat lantai dak untuk memisahkan lantai 1 dan 2.

Konstruksi lantai kamar tidur bisa dibuat dari rangka kayu / besi, sedangkan dinding bagian depan kamar tidur bisa menggunakan partisi gypsum / GRC jika ingin ada privasi atau di biarkan terbuka tanpa sekat sama sekali.

Cara meninggikan plafon adalah solusi menambah kamar tidur lantai dua tanpa meningkat rumah.

Awal mula plafon tinggi untuk rumah tinggal berasal dari standar rumah-rumah orang belanda yang tinggal di Indonesia pada jaman Hindia Belanda karena iklim di Indonesia yang tropis. 



2. Bangun rumah ala kontainer

Bangun rumah ala kontainer adalah salah satu contoh bagaimana bangun rumah mudah cepat hemat biaya terutama untuk di lantai dua. Rangka dinding serta atap menggunakan baja ringan, material dinding luar menggunakan spandek agar terlihat seperti kontainer, dinding bagian dalam serta plafon menggunakan gypsum / grc, sedangkan penutup atap menggunakan spandek pasir.



bangun-rumah-unik-ala-kontainer-hemat-biaya

Tetapi perlu menjadi catatan untuk membangun rumah ala kontainer di lantai 2 diperlukan pengerjaan dak lantai terlebih dahulu. Di sarankan opsi bangun rumah ala kontainer di lantai 2 ini untuk atap rumah yang kondisi sebelumnya sebagian atau seluruhnya sudah di dak.

Namun perlu diingat, masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan, membuat plafon tinggi tentunya akan berdampak pada biaya pembangunan dan mengurangi kepraktisan dalam perawatan sedangkan bangun rumah ala kontainer kondisi lantainya harus sudah di dak.

Home Sweet Home...


TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama email ke info@arizman.com / properti@arizman.com
bangun-rumah-biaya-ekonomis
Yuk Gabung Komunitas Properti
Klik Ini

Dekorasi Rumah

Top