icon1 Panduan Merancang Kamar Mandi Sehat icon2

 ● 1/29/2015



panduan-merancang-kamar-mandi-sehat
Panduan Merancang Kamar Mandi Sehat - Dekorasi rumah kali ini akan membahas tentang kamar mandi. Kamar mandi merupakan salah satu ruangan penting dari sebuah rumah. Kamar mandi terbagi menjadi dua jenis yaitu kamar mandi basah dan kamar mandi kering. 

Kamar mandi basah umum digunakan sebagai kamar mandi, bisa dipakai untuk aktifitas mandi apapun. Sementara kamar mandi kering diposisikan lebih berbeda, diperuntukkan bagi penggunaan bathtub, kloset duduk, wastafel, aneka aksesori interior kamar mandi modern lainnya. Kamar mandi kering dikondisikan selalu tetap kering sehingga terkesan lebih eksklusif. 

Kamar mandi sehat berarti kamar mandi tidak menjadi sumber penyakit, terhindar lembab juga bau. Kelembaban bisa menyebabkan tumbuhnya jamur, bakteri, juga munculnya kecoa yang bisa menularkan penyakit. Sedangkan bau, selain mengganggu kenyamanan juga bisa menyebabkan gangguan pernafasan kesehatan.

Baca juga : rumah bebas rayap, jamur dan serangga

Bagaimana membuat desain kamar mandi sehat serta nyaman ? berikut ini panduan merancang kamar mandi sehat sekaligus nyaman :

1. Gunakan glassblock, rooster atau bouvenlicht. Apabila tidak memungkinkan menggunakan glassblock, rooster atau bouvenlicht,  bisa dipasang lampu fluorescent yang memiliki terang daylight. Usahakan sinar matahari masuk ke dalam kamar mandi, khususnya di pagi hari. Sinar matahari ampuh dalam membunuh bakteri.

2. Perhatikan sirkulasi udara di dalam kamar mandi. Sebaiknya lubang ventilasi berhubungan langsung dengan udara luar. Ventilasi kadang dianggap mengganggu privasi aktifitas mandi, Untuk menyiasatinya anda dapat meletakkan tanaman kecil menempel pada dinding. Selain perlu adanya ventilasi juga bisa digunakan tambahan exhaust fan dimana pipanya dihubungkan langsung ke luar rumah tinggal sehingga sirkulasi udara di kamar mandi terasa lebih nyaman.

3. Pilihlah material keramik juga sanitari agar mudah dibersihkan dan tidak menyerap air, sehingga tidak mudah lembab lalu tumbuh jamur. Keramik masih menjadi pilihan utama karena perawatannya praktis. Pilih keramik lantai dengan permukaan kasar agar tidak licin ketika basah. Apabila ingin menggunakan marmer bisa digunakan pada area kamar mandi kering saja karena bersifat porous.

4. Lantai kamar mandi dibuat kemiringan 1 persen setiap 1 m agar tidak ada air tergenang. Pasang lubang pembuangan (floor drain) pada bagian terendah lantai kamar mandi.

Baca juga : rumah tinggal ramah lingkungan

Hal penting lain adalah rutin membersihkan lantai juga dinding kamar mandi dengan pembersih khusus kamar mandi,  bersihkan juga floor drain dari rambut serta timbunan kotoran agar pembuangan air lancar serta rutin membersihkan bak kamar mandi secara berkala agar jentik-jentik nyamuk tidak berkembang biak di dalam bak mandi.

Home Sweet Home... 



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×