Arsitektur Rumah Tinggal Bambu

» 4/20/2016

arsitektur-rumah-tinggal-bambu
Arsitektur Rumah Tinggal Bambu - Bambu merupakan material alam, banyak ditemukan di Indonesia. Beragam kreasi banyak dihasilkan bambu mulai dari alat musik, furniture hingga material rumah yang digunakan dalam arsitektur rumah bambu.

Bambu memiliki serat liat dan elastis mampu menahan beban tekan, tarik, geser maupun tekuk dengan baik. Selain itu, keberadaannya melimpah di alam, murah serta masa tumbuhnya relatif cepat menjadi kelebihan lain di bandingkan dengan material kayu.

Kelemahan bambu sebagai material rumah yang rentan terhadap kelembaban serta serangan rayap, kumbang bubuk bisa teratasi dengan proses pengawetan bambu serta aplikasi bambu yang difungsikan sebagai kolom tidak bersentuhan langsung dengan tanah tetapi didirikan di atas pondasi umpak yang di tinggikan atau biasa di sebut konstruksi panggung.

Arsitektur rumah bambu identik dengan rumah tradisional sunda, mulai dari bangunan - bangunan sederhana atau biasa di sebut saung sampai rumah semi permanen dengan kombinasi dinding bata, batu alam, lantai keramik, atap genteng.

Ciri khas rumah tradisional sunda biasanya terdapat bale - bale, biasa ditempatkan di bagian teras rumah atau bagian belakang rumah. Sambungan antar struktur biasa menggunakan baut, paku atau pasak dengan ijuk sebagai pengikatnya. Sedangkan untuk bagian interior rumah termasuk partisi ruang dan furniture, kombinasi bambu dan ikatan rotan menjadi pasangan serasi dekorasi rumah dalam hal ini arsitektur rumah bambu.

Keunikan bambu liat serta elastis serta bobot konstruksi ringan menjadikan rumah bambu lebih tahan terhadap gempa seperti rumah di kampung Naga yang didominasi unsur bambu juga kayu ketika terjadi gempa di Tasikmalaya beberapa tahun lalu.

Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top