Cara Memilih Plafon Rumah Tinggal

» 4/25/2017

Dekorasi Rumah - Plafon rumah tinggal atau langit – langit rumah merupakan penutup atas ruang, berfungsi sebagai penahan panas serta untuk material plafon tertentu berfungsi juga sebagai peredam suara yang baik.

Kualitas plafon rumah dipengaruhi oleh bahan material plafon yang dipakai, dimana setiap bahan material plafon tentunya mempunyai karakter berbeda.

Plafon Rumah Tinggal

PLAFON RUMAH TINGGAL


Bagaimana cara memilih plafon rumah tinggal? berikut ini beragam material plafon biasa umum digunakan sebagai penutup langit – langit rumah :

1. Bilik Bambu
Material plafon terbuat dari anyaman bambu, ringan serta diperlukan penanganan khusus dalam hal keawetan. Biasa digunakan pada rumah tradisional seperti arsitektur rumah bambu.

2. Kayu Lapis / Triplek
Material plafon terbuat dari kayu lapis yang direkatkan. Bobotnya ringan, mudah dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan serta memiliki ketebalan bervariasi, 3 mm sampai 12 mm.

3. Eternit
Material plafon dengan bahan dasar asbes, serta bobot agak berat. Apabila ingin menggunakan jenis material ini ada baiknya dilakukan pengecatan terlebih dahulu untuk menutupi pori serta menghindari timbulnya bubuk asbes.

4. Gipsum
Material plafon yang ringan, bisa diprofil, tidak tahan terhadap air apabila terjadi kebocoran atap. Diperlukan keahlian khusus dalam pemasangannya.

5. GRC
Material plafon terbuat dari campuran semen serta serat, lebih tahan terhadap air juga benturan bila dibandingkan dengan material plafon lainnya.

6. Plafon PVC
Plafon PVC di buat dari sejenis polimer Polyvinyl Chloride (PVC) yang sudah lebih dikenal sebagai bahan material pipa air. PVC sendiri di produksi ada yang menjadi bahan yang keras, ada juga plastik fleksibel seperti plafon PVC.

Pemasangan plafon rumah tinggal biasa dilakukan rata atau mengikuti kemiringan atap. Plafon rata memaksimalkan fungsi plafon sebagai penahan panas karena adanya area kosong diantara plafon dan atap sebagai sirkulasi udara sedangkan plafon miring menjadikan ruang terkesan lebih lega.

Home Sweet Home….

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top