icon1 8 Tips Memilih Dan Membeli Rumah icon2

 ● 5/22/2016



8-tips-memilih-dan-membeli-rumah
Dekorasi Rumah8 Tips Memilih Dan Membeli Rumah - Memilih dan membeli rumah bisa dibilang gampang - gampang susah. Beragam alasan tujuan orang memiliki rumah, ada yang membeli rumah untuk ditempati sebagai rumah, membeli rumah untuk investasi atau ada juga membeli rumah sekedar karena tuntutan sosial atau gengsi.

Namun apapun alasan anda membeli rumah sebaiknya dilakukan tidak terburu - buru serta mengetahui hal - hal apa saja perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli rumah.

Berikut ini 8 tips memilih dan membeli rumah yang perlu juga penting anda ketahui :

1. Lokasi
Cari lokasi rumah sesuai dengan keinginan gambaran anda. Kedekatan jarak rumah dengan tempat kerja atau tempat usaha bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mencari lokasi untuk rumah, tambahkan juga faktor pendukung lain seperti kemudahan akses lokasi rumah dengan beragam moda transportasi, bagaimana kualitas air nya serta hal - hal lainnya.

2. Jenis Rumah
Tentukan jenis rumah yang anda inginkan, apakah memilih di perumahan dimana hampir semua model rumahnya seragam, memilih membeli kaveling agar bisa desain rumah sendiri atau memilih membeli rumah lama.

3. Ukuran Rumah
Buatlah daftar kebutuhan ruang sesuai dengan gambaran awal anda memiliki rumah. Apakah rumah tipe 45, rumah tipe 54, rumah tipe 72, rumah tipe 90 atau mungkin tipe rumah custom. Tentukan dari awal, sesuaikan dengan budget tersedia.

4. Fasilitas Umum Dan Pendukung
Ketahui fasilitas umum juga fasilitas pendukung sekitar rumah tersebut, seperti sarana ibadah, fasilitas pendidikan, kesehatan, tempat olahraga, belanja, hiburan dsb. Perhatikan juga faktor keamanannya, apakah petugas keamanannya di kelola pengembang atau oleh penduduk sekitar lokasi rumah tersebut.

5. Survei Lokasi
Lakukan survei ke lokasi langsung karena brosur serta gambar rumah yang diberikan pengembang hanya sebagai media promosi, tidak selalu mencerminkan kondisi sebenarnya. Sebelum melakukan akad kredit luangkan waktu melihat - lihat rumah lain atau lebih bagus lagi kalau sudah ada rumah contoh, dilihat apakah sudah sesuai dengan keinginan anda. Sebagian besar pengembang menggunakan model indent dan konsumen harus menunggu beberapa bulan setelah akad kredit untuk proses pembangunan rumah.

6. Harga Rumah
Teliti, cermati harga rumah apakah sudah termasuk ppn 10 %, biaya akta jual beli (AJB), biaya sertifikat hak guna bangunan (SHGB). Biasanya harga belum termasuk bea perolehan hak atas tanah bangunan (BPHTB) juga biaya KPR jika memilih menggunakan fasilitas kredit. Biaya KPR ini biasanya meliputi biaya notaris, provisi, administrasi, asuransi jiwa dan kebakaran.

7. Jenis Pembiayaan
Alternatif pembiayaan bisa anda pilih selain tunai adalah melalui pengajuan kredit melalui bank atau lembaga keuangan lainnya (KPR). Pilihlah bank yang memberikan kredit pembiayaan rumah dengan cermat serta teliti. Untuk rumah siap huni biasanya memerlukan waktu 1-2 bulan sejak akad kredit sampai rumah bisa ditempati (serah terima).

8. Masa Garansi
Jika membeli rumah baru dari pengembang, biasanya konsumen akan mendapatkan masa garansi atau istilahnya masa pemeliharaan dengan durasi 2 - 6 bulan dari proses serah terima. Gunakanlah waktu masa pemeliharaan untuk meminta perbaikan gratis apabila rumah bocor, dinding retak atau ada kerusakan lainnya. Hindari melakukan renovasi rumah di dalam waktu masa pemeliharaan karena itu akan menghilangkan masa garansi anda.

Semoga uraian 8 tips memilih dan membeli rumah tersebut bisa menjadi pedoman sebelum anda memutuskan ingin membeli rumah.

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×