icon1 Proporsi Desain Ruangan Interior Rumah icon2

 ● 8/21/2016



Dekorasi Rumah - Dalam dekorasi rumah, proporsi desain ruangan interior rumah menjadi hal penting sebagai bagian perencanaan interior, kadang tanpa disengaja kita memasukkan furniture serta ornamen aksesori interior ke dalam suatu ruangan hanya berdasarkan keindahan dilihat mata saja.

Hal itu membuat kita lupa bahwa semua elemen dekorasi interior tersebut akan dipadukan satu sama lain sehingga diperlukan proporsi desain ruangan interior rumah, tentunya bertujuan menghadirkan nilai estetika, tema interior, juga kenyamanan sesuai keinginan.

Proporsi Desain Ruangan Interior Rumah

PROPORSI DESAIN RUANGAN INTERIOR RUMAH


Ketidakseimbangan proporsi desain ruangan interior akan muncul jika kita memaksakan keadaan seperti disebut diawal karena sulit menciptakan estetika seperti kita harapkan. Misalnya, sebuah furniture terlihat lebih mendominasi elemen interior furniture lain padahal sebetulnya furniture tersebut menjadi focal point dalam ruangan itu.

Contoh dekorasi lain, pemilihan meja agak terlalu tinggi kemudian diletakkan di sisi sofa atau kursi di ruang tamu. Apabila itu terjadi, tentunya akan mengganggu kenyamanan ketika kita duduk di sofa karena sikut tangan kita kemungkinan terkena sudut meja serta dapat menyenggol benda-benda ada diatas meja. Sebaliknya, jika meja terlalu rendah, lampu meja diletakkan di atas meja tidak akan memberikan penerangan maksimal apabila difungsikan sebagai lampu baca. Antisipasi agar kedua hal tersebut tidak terjadi yaitu, memberikan jarak proporsional antara tinggi sisi sofa serta meja.

Begitu pula halnya pemilihan motif interior, perhatikan ukuran motifnya juga. Misalnya motif wallpaper, jika motif wallpaper terlalu besar akan mendominasi interior ruangan serta menutupi keindahan furniture di ruangan tersebut atau pilihan motif terlalu besar pada bantal, tentunya juga akan menutupi keindahan sofa atau kursi itu sendiri. Ada baiknya motif dipilih sesuai kebutuhan interior ruangan.

Sebelum membeli atau memindahkan furniture serta aksesori interior ruangan lainnya, sebaiknya terlebih dahulu menghitung luas ruangan lalu buat perkiraan secara tepat seperti layaknya anda jadi desainer interior di rumah sendiri.

Proporsi desain ruangan interior rumah, kunci utamanya adalah bagaimana menyesuaikan keseimbangan interior ruangan itu sendiri. Seperti, apakah perlu memasukkan elemen interior furniture kayu pada ruangan atau menambahkan unsur alam sehingga tercipta dekorasi interior rumah bernuansa alam.

Home Sweet Home...



Dekorasi rumah arizman.com lainnya :


Desain Rumah Minimalis :


author

Designer (Architecture, Interior, Website, Graphic) dan Konsultan Properti, cari tahu lebih lanjut tentang Arizman.com untuk info lebih lengkap.
Top
Rekomendasi Untuk Anda
×